BSI International Expo 2024 Wujud Komitmen Bank Syariah Indonesia Dalam Mendukung Ekosistem Halal

Gelaran BSI International Expo baru saja dihelat selama 4 (empat) hari di Jakarta Convention Centre, sejak hari pertama dibuka yaitu Kamis 20 Juni 2024 oleh Wakil Presiden Bapak KH.Ma'ruf Amin hingga hari terakhir Minggu 23 Juni 2024, BSI International Expo ramai dipenuhi pengunjung. Selain free entry alias gratis masuk ke area pameran, berbagai kebutuhan yang memenuhi gaya hidup Halal tersedia lengkap disini dengan berbagai penawaran menarik, diskon dan promo serta hadiah langsung. Dengan adanya iming-iming tersebut, Expo yang satu ini tentu saja langsung menyedot perhatian para pengunjung terutama umat muslim sebagai populasi terbesar di negara kita. 

Seperti kita ketahui bersama, berdasarkan data tahun 2022 dari Kementerian Agama RI, jumlah penduduk beragama Islam di Indonesia kini mencapai lebih dari 200 juta jiwa, dengan jumlah tersebut Indonesia resmi menjadi negara dengan jumlah populasi muslim terbesar di Asia Tenggara. Sebenarnya jika dimanfaatkan dengan tepat seluruh potensi yang ada akan menjadikan Indonesia sebagai negara berekonomi Islam yang kuat, maju dan makmur.

Oleh karena itu Bank Syariah Indonesia (BSI) menegaskan komitmennya untuk terus mendorong perkembangan ekosistem keuangan syariah dengan menggelar BSI International Expo 2024 yaitu pameran ekosistem keuangan syariah dan gaya hidup Halal berskala Internasional pertama di Indonesia. Mengusung tema "Connecting You to Halal Lifestyle Ecosistem" BSI Internasional Expo 2024 memperkenalkan, mempromosikan, serta memasarkan produk, jasa, layanan dan hasil karya Halal anak-anak bangsa yang berdaya saing dan mampu Go International. Jadi penasaran kan seperti apa sih keseruan BSI Expo International 2024 ini, yuk ikuti ceritanya...

BSI Expo International 2024, Ada Apa Saja Sih?

Pameran yang digelar di Hall A&B Jakarta Convention Centre ini diikuti oleh mitra perusahaan, para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dari berbagai daerah di Indonesia, jika berkeliling ke semua area booth kita akan bertemu lebih dari 150 booth yang menawarkan berbagai produk Halal. Di bidang jasa, saya sempat mampir ke beberapa booth Biro Perjalanan Haji dan Umroh serta maskapai penerbangan mancanegara seperti Uni Emirat Arab, Arab Saudi dan Qatar.

Sedangkan di area Fashion Island, terdapat puluhan booth brand fashion muslim ternama seperti Buttonscarves, Kami, Benang Djarum, Zaskia Sungkar yang menawarkan produk fashion dengan potongan harga Up to 20%. Wah siapa sih yang enggak pengen belanja ketika melihat koleksi para desainer ternama yang produk fashionnya tak hanya menutup aurat namun juga tetap fashionable. Di selasar yang berbeda terdapat juga booth Automotive, Property, Electronic, Gold, Health & Beauty dan Education Zone. Selain itu  Bank Syariah Indonesia juga mewadahi bertemunya para pelaku bisnis dalam program Bussines Matching dan semakin lengkap lagi dengan adanya rangkaian talkshow edukatif yang berbeda setiap harinya, mulai dari talkshow halal bersama pakar dan akademisi tentang wawasan dan strategi mewujdkan gaya hidup halal yang berkelanjutan. Kesimpulannya adalah lewat acara ini Bank Syariah Indonesia ingin menghubungkan para konsumen ke berbagai produk dan gaya hidup Halal.

Pada hari ke-3 saya datang ke BSI International Expo, dipanggung utama sedang berlangsung talkshow Investasi Emas dan Gold Snow dengan salah satu narasumbernya adalah Safir Senduk dan dilanjutkan dengan talkshow Gaya Hidup Halal bersama Brand Ambasador Bank Syariah Indonesia yaitu Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah yang mengupas tema "Gaya Hidup Halal : Berkahnya Bisnis Jadikan Keluarga Harmonis"

Kedua talkshow yang disajikan oleh BSI tersebut tentunya sangat menginspirasi para pengunjung terutama umat muslim yang betul-betul ingin hijrah dengan memilih segala sesuatu berbasis syariah termasuk memilih produk Perbankan, siapapun yang hadir ke BSI International Expo dapat langsung menjadi nasabah dengan mengunjungi Life at BSI dan melakukan pembukaan rekening.

Ada 7 (tujuh) jenis tabungan di BSI yang bisa kita pilih yaitu :

  1. BSI Tabungan Easy Wadiah
  2. BSI Tabungan Bisnis
  3. BSI Tabungan Valas
  4. BSI Tabungan Simpanan Pelajar
  5. BSI Tabungan Junior
  6. BSI Tabungan Efek Syariah
  7. BSi Tabungan Haji Muda

Bank Syariah Indonesia hadir dengan produk simpanan yang lengkap serta fasilitas menarik seperti bebas biaya administrasi bulanan, dapat dibuka melalui pembukaan rekening online, kemudahan transaksi dengan BSI Mobile dan Kartu ATM yang dapat digunakan diseluruh mesin ATM berlogo VISA.

Sambil mengenal produk BSI, pengunjung juga dihibur oleh berbagai penampilan menarik dari para musisi ternama setiap harinya seperti Maliq D'Essential, Putri Ariani, RAN, Kahitna, Snada dan Moestafa Atef. Bagi pengunjung yang berbelanja juga berkesempatan untuk mendapatkan Cashback dan hadiah, apalagi jika sudah menjadi nasabah BSI

Peran Bank Syariah Indonesia Dalam Mendukung Ekosistem Halal

Produk Halal menjadi alternatif yang akan dipilih oleh masyarakat muslim ditengah berkembangnya Halal Lifestyle, tak hanya makanan dan minuman tetapi juga bidang fashion, pariwisata, farmasi dan kosmestik. Nah di acara BSI Internasional Expo 2024 ini, ada sebuah booth makanan yang produknya sedang viral ternyata ikut berpartisipasi dalam BSI International Expo 2024, produk tersebut adalah Roti Ropi (Roti bikin Hepi) yang booth nya berada di dekat panggung utama. 

Ketika melewati Booth roti yang sudah memiliki puluhan cabang ini, aroma wangi roti bun nya  langsung menggugah selera, selain rasanya enak, harga roti bun Ropi juga pas banget di kantong yaitu sekitar 11ribuan saja. Yang paling bikin kita merasa mantap untuk menikmati Roti Ropi ini adalah karena produknya sudah tersertifikasi Halal, bahkan saat ini Roti Ropi bisa kita temui di Dubai dan Uni Emirat Arab, Wah sebagai orang Indonesia tentunya bangga sekali dong dengan pencapaian tersebut.

Kabar baik selanjutnya adalah kemarin selesai membuka BSI Expo International 2024, Wakil Presiden Bapak KH.Ma:ruf Amin sempat berkeliling area pameran dan mampir di booth Roti Ropi, Secara tidak langsung BSI International Expo tersebut memberikan peluang bagi merek produk UMKM untuk lebih dikenal banyak orang dan masuk ke ekosistem Halal

Ekosistem halal merupakan suatu sistem kompleks dalam jaringan bisnis, institusi, lembaga pemerintah, dan organisasi non-pemerintah. Sekurang-kurangnya terdapat lima sektor dalam sebuah ekosistem halal yaitu barang, jasa, infrastruktur, sumber daya manusia, dan dukungan pemerintah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ekosistem merupakan keanekaragaman suatu komunitas dan lingkungannya sedangkan arti kata halal yaitu diizinkan atau tidak dilarang oleh syarak. Dengan demikian, makna dari ekosistem halal adalah beragam hal seperti kegiatan industri, produk makanan dan minuman, gaya hidup, gaya busana (modest fashion), seni dan kebudayaan, kosmetik, dan keuangan; yang menggunakan sumber daya dan cara-cara sesuai dengan yang diizinkan oleh syariat Islam.

Bagi yang masih ragu terhadap ke halalan sebuah produk kalian bisa bertanya langsung di booth BPJPH yang ada di  BSI Internasional Expo 2024, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) adalah lembaga/badan yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan sertifikasi kehalalan. BPJPH berada di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia. Berdasarkan Undang- Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, BPJPH memiliki sederet tugas dan tanggung jawab dalam proses registrasi halal, sertifikasi halal, verifikasi halal, pembinaan dan pengawasan produk halal, serta menerapkan standar kehalalan suatu produk. BPJPH juga membuka kesempatan untuk mendapatkan Sertifikasi Halal Gratis (Sehati)

Harapan pemerintah Indonesia menjadi pusat keuangan syariah, diadaptasi BSI melalui visi dan misi, untuk itu jangan ragu lagi untuk membuka tabungan di Bank Syariah Indonesia karena berbagai produk BSI berlandaskan syariah sehingga cocok untuk nasabah muslim yang memegang prinsip syariat Islam. Bersama Bank Syariah Indonesia, mari Bersatu Untuk Indonesia.



8 komentar

  1. Keren banget inovasinya BSI, makin mendukung ekosistem halal di semua aspek, masyarakat pun ga perlu ragu pake BSI buat keuangan

    BalasHapus
  2. Kesini banyak manfaat dan faedahnya yah salah satunya dengerin talkshow yang isinya bener2 ngeletok banget mengenai halal dan Syariah. Selain itu lengkap ada jajanan baju, makanan sampai emas hehehe

    BalasHapus
  3. Ya Allah saya pikir BSI tmp kuliah.. Ternyata BSI bank.. Hahahaha.. Otak lagi hunting tmo kuliah buat bocah. Jadi mikir kesana mulu.. Huhuhu..

    Lumayan terbantu ya dengan adanya BSI buat yg muslim kalau mau menari uangnya secara syariah. Dan innovasinya juga banyak.

    BalasHapus
  4. Makin ke sini jadi makin kukuh ya ekosistem halal kita, terlebih mantapnya BSI dalam melayani masyarakat, sehingga jadi makin nyaman pula masyarakat layanan keuangan berbasis syariah

    BalasHapus
  5. Senang sekali karena BSI menunjukkan hal positif dengan mendukung secara nyata produk UMKM Indonesia melalui BSI International Expo 2024.
    Ramai dan semoga saling memberikan impact yang positif.

    BalasHapus
  6. Semoga BSi terus menjadi yg terdepan dalam halal yah dan terus berinovasi. Kece pamerannya.
    -kataresi-

    BalasHapus
  7. Sangat menyenangkan sekali ya bisa berada dalam ekosistem halal, jadi sebagai muslim kita bisa merasa aman dan halal ya

    BalasHapus
  8. Dengan jumlah masyarakat muslim di Indonesia yang mayoritas, penting banget ada expo seperti yang digelar BSI ini agar makin banyak yang paham pentingnya halal lifestyle.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^