Review Buku Conscious Diet #KenaliTubuhmuSebelumDiet

Ada yang masih ingat dengan tulisan saya sebelumnya tentang kunjungan saya dan teman-teman Blogger ke Y Clinic Bintaro? Setelah memberikan ilmu yang begitu banyak seputar gaya hidup sehat dan diet, dr.Yovi selaku narasumber dan owner dari Y Clinic memberikan kami oleh-oleh berupa buku, iyess! Buku yang berjudul Conscious diet #KenaliTubuhmuSebelumDiet ditulis oleh dr.Yovi Yoanita sebagai panduan untuk menemukan diet yang cocok.

Lewat buku ini dr.Yovi selaku Praktisi Nutrisi, wellness & anti aging memaparkan banyak hal dan reminder seputar diet, misalnya di bagian Pendahuluan, dr.Yovi berpesan bahwa "Salah satu hal penting yang tidak disadari oleh kita adalah menjalani diet tanpa kesadaran (Conscious) atau ikut-ikutan tren, padahal setiap manusia itu berbeda dan punya keunikan masing-masing.

Apa saja sih yang membuat manusia yang satu berbeda dengan yang lain? Menurut buku conscious diet, keunikan manusia ditentukan oleh banyak hal, dari mulai level hormon, pola makan, tipe badan hingga gaya hidup. Selain itu stress juga dapat mempengaruhi pola makan dan naik turunnya berat badan. Nah jadi semakin penasaran kan dengan isi bukunya? 

Baca Juga : Kupas Tuntas Diet Bersama dr.Yovi di Y Clinic

Pada Bab 1 hal 1 yang berjudul Anda adalah gaya Hidup Anda, dr.Yovi menyampaikan fakta seputar Obesitas dimana hal ini terjadi karena hal yang terlihat sederhana, seperti kalori yang masuk tidak seimbang dengan kalori yang dikeluarkan, atau faktor lainnya yang bisa menjadi penyebab kasus obesitas atau kegemukan misalnya pola makan, isi piring, jumlah porsi makan dan gaya hidup. Oleh karena itu perlu melakukan pengecekan BMI dan memahami kalori.

Kemudian di Bab 2, dr.Yovi membahas kualitas dan kuantitas diet, dimana pada Hal 13 buku Concious Diet terdapat makna Kualitas merujuk pada apa yang kita makan, jenis makanan sehari-hari seperti Karbohidrat, protein, lemak dan serat. Sementara kuantotas lebih kepada seberapa banyak makanan yang kita makan dan seberapa banyak kegiatan fisik sehari-hari yang kita lakukan.

Pembahasan di Bab 3 yaitu seputar Hormon dan Berat Badan (Hal 23) dimana hormon kortisol dan insulin paling berperan dalam cara makan kita. Di bab ini juga dibahas cara pengendalian darah dan hormon insulin, Body Weight Set Point, Binge Eating, Metabolisme dan Thermogenesis dan juga bagaimana melengkapi gaya hidup dengan tidak meremehkan waktu tidur, olahraga teratur, konsumsi serat, Probiotik dan Suplemen.

Lanjut ke Bab 4 (Hal 75) buku Concious Diet membahas mengenai Mengenal Diri, Mengenal Tipe Tubuh yang terbagi menjadi 4 yaitu Adrenal, Tiroid, Ovary dan Liver. Serta pembahasan diet Yo-yo yaitu berat badan yang mudah naik, mudah turun, naik lalu turun lagi. Yang ternyata jika terjadi berulang dapat menyebabkan rentan penyakit, tubuh lebih cepat menua dan semakin mudah menjadi gemuk.

Bab 5 yang menjadi Bab Penutup, membahas tentang pola diet dan olahraga (Hal 85), pada bab ini dr.Yovi menyebutkan makanan apa saja yang baik dilakukan saat diet, penyebutan Intermitten Fasting, Hindari Stress, jenis-jenis olahraga. Dari keseluruhan isi buku ini rasanya sangat bagus untuk dibaca bagi siapa saja yang ingin mengubah gaya hidup yang lebih sehat terutama bagi yang ingin memulai diet dengan memperhatikan serta mengenali tubuhmu lebih dulu

Buku berjudul Concious Diet #KenaliTubuhmuSebelumDiet di produksi oleh Elex Media Komputindo dengan jumlah halaman 112 lembar, dan sudah bisa didapatkan di Tokopedia dan Toko buku Gramedia dengan harga Rp.61.500



Tidak ada komentar

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^