Solusi Schneider Electric Wujudkan Rumah Nyaman Listrik Aman

Sebagai salah satu kebutuhan pokok, tempat tinggal yang nyaman dan aman merupakan dambaan setiap orang, termasuk saya dan suami yang memiliki banyak pertimbangan ketika akan membeli rumah, selain harga yang sesuai budget, lokasi yang strategis, menyediakan fasilitas yang lengkap juga akses yang mudah ternyata banyak hal kecil yang penting untuk diperhatikan. Jangan heran, kalau kami harus keluar masuk kantor developer untuk mencari hunian terbaik.

Cita-cita untuk menempati rumah sendiri akhirnya tercapai setelah 6 bulan pernikahan, berbekal uang tabungan bersama, saya dan suami bisa membeli satu rumah mungil di pinggiran Kota Jakarta dengan sejuta harapan dan doa agar rumah kami ini nantinya menjadi tempat berpulang dan berbagi kebahagiaan bagi seluruh anggota keluarga. 

Sedikit demi sedikit rumah mungil tersebut mulai terisi dengan perabot rumah tangga mulai dari furniture hingga barang-barang elektronik seperti televisi, kulkas, mesin cuci, dispenser dan AC. Saking semangatnya berbelanja kebutuhan rumah, saya sampai skip untuk mengecek berapa daya listrik di rumah dan akibatnya...rentetan kejadian kurang menyenangkan mulai terjadi.

Seringkali listrik di rumah tiba-tiba anjlok saat AC mulai dinyalakan sehingga AC kami saat itu tidak berumur panjang karena arus listrik yang naik turun. Masalah kelistrikan lain yang sering terjadi adalah pada saklar mesin air, di sana muncul percikan api saat akan digunakan. Beberapa kejadian tersebut akhirnya membuat kami berinisiatif untuk memanggil petugas listrik untuk melakukan pengecekan.

Dari petugas listrik tersebut akhirnya kami mendapatkan penjelasan bahwa ada korsleting listik karena kabel yang rusak akibat gigitan tikus, dan masalah pada trafo yang ternyata kelebihan beban, petugas tersebut menyarankan saya dan suami untuk mengganti alat-alat kelistrikan dengan produk berkualitas dan asli. Selain long lasting, kemananan keluarga juga lebih terjamin, sehingga hunian ideal pun dapat terwujud.

Bicara tentang hunian ideal, siapa nih yang suka stalking rumah idealnya pasangan Selebriti Andrew White dan Nana Mirdad yang berlokasi di Bali? setuju enggak kalau rumah keluarga mereka begitu homey dan hangat juga bikin betah, meskipun kita hanya melihatnya di akun media sosial. Di acara Innovation Talk bersama Schneider Elektric Indonesia, Andrew White dan Nana Mirdad berbagi tipsnya serta rahasianya untuk mewujudkan rumah yang homey dan ideal. Berikut ulasan lengkapnya...

Innovation Talk Schneider Electric

Hari Rabu tanggal 2 Oktober 2024 bertempat di Alila SCBD Jakarta, Schneider Electric Indonesia menggelar sebuah acara bertajuk Innovation Talk : "Menciptakan Hunian Ideal: Rumah Nyaman, Listrik Aman" dengan menghadirkan beberapa orang narasumber hebat dan inspiratif. Mereka yang hadir adalah sebagai berikut : 

1. M Farhan Lucky selaku Schneider Electric Indonesia Business Vice President, Home and Distribution Schneider Electric Indonesia

2. Ranu Scarvia Ria Fitri selaku Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta

3. Nana Mirdad dan Andrew White, Pasangan Selebriti dan Home Owner

  • Rumah Nyaman Listrik Aman

Urusan listrik di rumah ternyata bukan cuma para bapak yang wajib tahu, para emak juga jangan sampai skip sebab menciptakan hunian ideal itu enggak cuma fokus pada estetika dan rasa nyaman tapi juga rasa aman untuk seluruh anggota keluarga

Dari paparan Bapak M Farhan Lucky selaku Schneider Electric Indonesia Business Vice President, Home and Distribution Schneider Electric Indonesia, saya & para tamu undangan yang hadir mendapatkan insight baru seputar konsep rumah ideal itu enggak cuma estetik & nyaman tapi juga harus aman dari potensi bahaya kelistrikan seperti sengatan listrik, korsleting, lonjakan arus, dan risiko kebakaran. 

Beliau juga menambahkan bahwa mayoritas kasus kebakaran yang terjadi di perumahan diakibatkan oleh masalah kelistrikan. Data Dinas Gulkarmat DKI Jakarta menunjukkan hampir 30% dari 2.286 kasus kebakaran pada 2023 terjadi di bangunan perumahan, dengan lebih dari 50% disebabkan oleh masalah kelistrikan. 

Oleh karena itu, penting bagi setiap rumah tangga untuk memastikan instalasi kelistrikan dilengkapi proteksi untuk mencegah risiko kebakaran dan kecelakaan. Acara talkshow edukatif ini digelar bukan tanpa alasan tetapi menjadi salah satu bagian dalam kegiatan kampanye "Rumah Nyaman, Listrik Aman". Kampanye ini memberikan edukasi mengenai pentingnya proteksi kelistrikan di hunian selain fokus pada estetika

Sebelum menjelaskan produk-produk innovatif dari Schneider, Bapak Farhan memberikan beberapa tips seputar keamanan listrik dirumah yaitu :

  1. Lakukan pengecekan instalasi listrik dirumah secara berkala
  2. Panggil tenaga ahli yang berpengalaman untuk masalah kelistrikan
  3. Gunakan perangkat listrik yang asli dan berkualitas

Dari segi estetika, menurut Bapak Farhan boleh juga menggunakan jasa desain interior agar rumah yang kita impian menjadi hunian yang ideal, modern, aman dan nyaman seperti yang disampaikan oleh Ibu Ranu Scarvia Ria Fitri selaku Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta

Melalui paparannya, Ibu Ranu menyampaikan bahwa rumah kini bukan hanya sekadar tempat tinggal, tetapi juga ruang untuk berkarya, memulai usaha, dan menjadi tempat berbagi serta menyimpan kenangan. "Saya melihat tren pada tahun 2024 dan 2025 semakin mengarah pada personalisasi yang mendalam, dengan fokus pada penggunaan material yang berkelanjutan, teknologi pintar, dan elemen desain yang menciptakan ruang yang tidak hanya estetis tetapi juga fungsional dan penuh makna".

Dari segi pemilihan material, furniture dan pencahayaan ruangan, Ibu Ranu juga memberikan masukan tentang perlunya memenuhi standar keamanan dan keselamatan agar rumah kita tidak hanya indah namun juga aman. Seperti rumah keluarga Andrew White dan Nana Mirdad yang menjadi impian bagi setiap keluarga. Nah, kira-kira apa sih rahasia mereka mewujudkan rumah ideal?

  • Rahasia Mewujudkan Rumah Ideal Keluarga Andre White

Seperti kita ketahui bersama bahwa Andrew White dan Nana Mirdan kini telah menetap di Bali, hunian dengan konsep vila dan minimalis membuat rumah tersebut terlihat nyaman. Rumah yang ditempati sejak tahun 2021 lalu mereka bangun dari 0, berfokus pada desain yang simple dan cozy serta personalisasi sesuai kebutuhan dan aktivitas sehari-hari.

Menurut Nana Mirdad, "Saat membangun rumah impian, kami ingin setiap anggota keluarga, termasuk anak-anak, bisa mengekspresikan ide dan keinginan mereka. Kami sangat memperhatikan setiap detail interior, hingga penempatan saklar sekalipun, karena kami ingin semuanya selaras dengan konsep desain kami"

Berdasarkan pengalaman di rumah sebelumnya yang sering terjadi masalah kelistrikan, Andrew White menyampaikan bahwa "Selain mengenali perangkat proteksi kelistrikan, seluruh anggota keluarga juga harus memperhatikan pentingnya penggunaan peralatan listrik secara bertanggung jawab serta memberikan edukasi kepada anggota keluarga dan asisten rumah tangga tentang cara aman menggunakan peralatan rumah tangga, terutama yang terkait dengan listrik dan gas"

Andrew juga memberikan beberapa tips untuk menjaga keamanan keluarga dari bahaya kelistrikan yaitu sebagai berikut :

  1. Pilih produk kelistrikan dari brand terpercaya dan bersertifikasi IEC serta SNI
  2. Pilih material yang berkualitas dan sudah melalui proses pengendalian mutu. 
  3. Pastikan keaslian produk dengan membelinya di toko resmi. Karena produk kelistrikan berkaitan langsung. dengan keselamatan kita, orang-orang di sekitar kita, dan orang-orang yang kita sayangi.
Untuk peralatan listrik, Andrew White mempercayakan pada produk-produk Schneider, selain lengkap dan mudah di dapatkan, sudah pasti asli dan berkualitas. Salah satu yang digunakan oleh Andrew White adalah saklar AvatarOn dari Schneider Electric yang frameless dan timeless banget juga estetik. Cover saklarnya bisa diganti dan dicetak dengan gambar apapun yang kita inginkan. Selain saklar Avatar ON, ini dia varian produk Schneider yang perlu kita ketahui.

  • Lindungi Keluarga dengan Proteksi Kelistrikan Maksimal dari Schneider

Lewat acara ini Schneider Electric, pemimpin transformasi digital dalam pengelolaan energi dan otomasi yang sudah ada di Indonesia selama 51 tahun memperkenalkan berbagai inovasi terbarunya yaitu produk-produk proteksi kelistrikan berkualitas sebagai solusi menciptakan "Rumah Nyaman, Listrik Aman". Produk-produk tersebut adalah sebagai berikut :

1. Saklar Avatar ON

Kemarin saat acara berlangsung, kami bisa melihat langsung produk innovatif Schneider lewat display yang ditampilkan dengan sangat menarik, salah satunya saklar Avatar ON. Tren personalisasi desain interior menghadirkan inovasi baru dengan produk sakelar. Elemen yang satu ini memberikan sentuhan unik pada setiap ruangan. 

Keunggulan lainnya dari saklar Avatar ON adalah :

  1. Desain premium dan stylish, memberikan sentuhan unik pada setiap ruang.
  2. Tersedia dalam berbagai warna : White, Wine, Dark Grey, Dark Wood
  3. Customizable Design, bisa mencetak foto atau momen spesial
  4. Bentuk ramping tanpa bingkai memudahkan pemasangan dan memungkinkan personalisasi yang simpel namun elegan
  5. Dilengkapi teknologi 'Slim Rocker, Sure Click' yang meminimalkan risiko percikan api, serta 
  6. Sudah memenuhi standar internasional, menawarkan kenyamanan ekstra dalam kehidupan sehari-hari.
  7. Pencahayaan LED lembut yang berfungsi sebagai locator saat gelap
  8. Garansi 2 tahun

2. MCB (Miniature Circuit Breaker), digunakan sebagai proteksi beban lebih dan anti korsleting listrik

3. ELCB/RCCB (Residual Current Circuit Breaker) yang berfungsi sebagai pengaman dari risiko kebocoran arus listrik (Anti Setrum)

4. SPD (Surge Protective Device), melindungi peralatan elektronik dari bahaya induksi petir

5. RCBO (Residual Current Circuit Breaker with Overcurrent Protection) yaitu inovasi gabungan antara MCB dengan RCCB yang berfungsi melindungi dari beban berlebih, antri korslet dan anti setrum.

6. Schneider Electric EV Charging

Schneider Charge hadir untuk kemudahan pengisian kendaraan listrik di rumah dalam mendukung hunian modern yang smart dan berkelanjutan. Solusi ini dirancang untuk memberikan kemudahan pengisian daya di rumah yang efisien, praktis dan cepat. 

Schneider Charge menjadi solusi ideal bagi pemilik kendaraan listrik di Indonesia yang ingin mengintegrasikan gaya hidup serba listrik ke dalam keseharian mereka, seiring dengan berkembangnya ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Dengan kemudahan instalasi dan visibilitas penggunaan listrik yang dapat diakses secara real time melalui aplikasi smart control Monta App, penghuni dapat merencanakan pengisian daya kendaraan dengan lebih efektif.

Tidak hanya mengutamakan efisiensi, Schneider Charge juga memastikan proteksi kelistrikan terbaik untuk hunian. Schneider Electric memastikan bahwa solusi ini aman dan sesuai dengan standar kelistrikan, sehingga penghuni dapat menikmati pengalaman pengisian daya yang andal tanpa mengorbankan aspek keamanan.

Dengan beragam produk inovatif tersebut diatas, kita semakin yakin bahwa kehadiran Schneider Electric di Indonesia adalah sebuah solusi untuk menciptakan hunian ideal yang estetik, nyanan, dan aman karena fungsi rumah saat ini bukan hanya tempat untuk tinggal tetapi juga ruang untuk berkarya dan berbagi kebahagiaan. Kunjungi akun media sosial @schneiderelectric_id untuk informasi lengkapnya.

18 komentar

  1. Benar ya kalau ngisi rumah kadang lupa ya daya listrik kita berapa ha ha ha maunya beli ini itu, maunya gede pula. Lah curhat! Ha ha ha ih keluarga romantis ya ini pasangan. Info dalam tulisan ini banyak banget deh. Mksh kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya pulang dari event ini langsung paham masalah kelistrikan

      Hapus
  2. Soal kelistrikan ini emang penting diketahui mbak. Apalagi kalau rumah bagus ya. Seandainya terjadi konsleting listrik bisa membahayakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget keamanan keluarga harus diutamakan

      Hapus
  3. Kebutuhan akan listrik di sebuah hunian memang sangat penting, karena hal ini sangat krusial, disamping itu pemasangan instalasi listrik tak lepas dari pertimbangan akan faktor estetika seeta yg ga kalah oenting adalah kelengkapan perangkat yg memiliki standard mutu dan mencegah dari bahaya atau kecelakaan

    BalasHapus
  4. Avataron selain estetik bisa bikin tahan lama lampu juga mba ya..lrena ada teknologi sure klicnya mau ganti juga deh yg d rumah,, rumah selain nyaman harus aman juga buat yg tinggal

    BalasHapus
  5. sebelum rumah jadi, suami dan pak tukang koordinasi buat instalasi listrik ini, suami juga ngobrol sama aku tentang penempatan saklar dan lain-lainnya. bagiku, rumah harus nyaman buat semua penghuninya termasuk anak-anak dan orang tua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak dan sekarang ada saklar yang bisa pasang foto loh

      Hapus
  6. Setiap anggota keluarga jadi bebas berekspresi ya ini, karena dukungan Schneider yang bisa kustom pula saklarnya, jadi tambah apik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena rumah yang kita tempati butuh personal Touch

      Hapus
  7. Pas pertama liat Sakelar AvatarOn kirain itu lukisan biasa,lho..ngga keliatan kalo nyelip sakelar di situ. Cakep banget dan gak merubah fungsinya, jadi pingin juga punya sakelar kayak gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di pajang foto anak bisa jd pengobat rindu

      Hapus
  8. Sakelar Avatar on bikin rumah makin terasa personalnya, aku pengen yang pake foto ah tinggal dibawa ke Snappy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun langsung galfok lihat saklar Avatar ON

      Hapus
  9. Aku sih naksir Sakelar AvatarOn yang bikin rumah jadi estetik lagi dan anti kesetrum dan korsleting juga

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^